Selasa, 15 Maret 2016

HOME INDUSTRI GITAR DISOLO

Home industri gitar di Solo. Mungkin sobat penah mendengar tentang home industri yang memproduksi GITAR di daerah Solo, atau  lebih tepatnya DK Mancasan Baki Sukoharjo. Tempat dimana saya dilahirkan dan dibesarkan HEHEHE(asli orang sono).


Kali ini saya mau memberi tau sobat semua kenapa kok di tempat saya mayoritas warganya pada bikin gitar!? kenapa kok gk pilih nyari ikan di Sungai Bengawan solo aja!?? kan deket hehehe.

Katanya sih, dulu ada warga dusun kembangan sini yg bernama mbah Hadi sidal (Sidal Hadi Wiyono) yg bekerja di pabrik gitar di solo kota. Lalu yg punya usaha bangkrut. kemudian mbah Hadi memutuskan untuk membuka usaha sendiri di rumahnya.
Nahh, mungkin dari situ mbah Hadi mencari tenaga kerja, dengan memanfaatkan tetangganya. Kemudian para tetangga yg sudah ikut bekerja dengan mbah Hadi otomatis juga tau cara membuat gitar kan. Setelah itu, mungkin para tetangga yg bekerja ditempatnya mbah Hadi memilih keluar dari tempatnya mbah Hadi, Dan juga memutuskan untuk membuat usaha sendiri dirumahnya. Mungkin proses Dusun Kembangan menjadi  Dusun yg penuh dengan pengrajin gitar karena terjadinya proses yg sudah saya jelaskan diatas tadi.


Untuk sobat sobat semua, mungkin kali ini saya cuma mau kasih liat foto-foto pengrajin gitar di Dusun Kembangan secara dekat

gitar yg udah jadi





pembuatan palang


pemasangan palang









proses dempul


pemasangan sluit (bhs daerah)








  Udah gitu aja....
mungkin postingan selanjutnya saya mau posting ttg cara/proses membuat gitar dari awal sampai akhirrrrrrr...

35 komentar:

  1. maaf kang ngeganggu saya mau nanya kang,ada info lowongan kerja engga kang ?

    BalasHapus
  2. Mas folback blogku aerusanasuke.blogspot.com

    Gitar elektrik juga prosuksi gag?

    BalasHapus
  3. saya tinggal di jakarta kang

    BalasHapus
  4. Ini kok pada nyari kerja yak?

    BalasHapus
  5. Ane juga pengen nanya itu gan, sama kaya bang fahri, dr kemaren banyak orang post tutorial tapi kurang lengkap dalam hal pembuatan fret nya, berapa mm kah atau bagaimanakah langkah nya, mohon pencerahan nya gan,

    BalasHapus
    Balasan
    1. dipostingan selanjutnya akan ane terangin bang,
      Sabar aja yaa, soalnya ni juga lgi sibuk ama kerjaan

      Hapus
  6. Mas, modal awalnya kira2 brp ya, kbtulan sy domisili Kartasura, jd lumayan dket dr solo, sy mau tnya itu,

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo deket, mending main kesini dulu aja bang.

      Hapus
  7. kalau saya berminat untuk belajar membuat gitar apakah bisa, dan apakah ada biayanya? tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. minimal harus punya pengalaman ama alatnya dulu

      Hapus
  8. Balasan
    1. udah saya ganti gan. mkasih kunjungannya

      Hapus
  9. maaf lgi nongol,
    kalo untuk jarak freet sendiri udah ada malnya bang.
    mungkin di postingan selanjutnya akan ane kasih cara buat bikin mal freetnya

    BalasHapus
  10. mas,modal awal pembuatan cetakan sampai berapa mas?ada lokernya gak mas

    BalasHapus
  11. kenapa gak bikin brand sendiri aja mas...?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo bikin brand sendiri soalnya masih kalah pemasarannya ama yg gitar pabrikan

      Hapus
  12. kl pesan akustik yg solid bobokan kira2 harganya kisaran berapa sampai berapa mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo mau tanya2 harga bisa invite 5452CB5E

      Hapus
  13. Kyknya tertarik nih gw bantuin jualan sekalian nambah isi dompet bro...hehehe blm finishing aja udah keliatan bagus bahan serat kayunya...tolong wa gw ke 081337380297 ya bro...kl bisnis lancar kita kerja sama aja deh...pingin sih belajar bikin gitar sendiri tp gw gk ada waktu krn ngajar musik....salam kenal bro

    BalasHapus
  14. Menarik... Mas Jarrwo, Bisa Berkunjung ga.. ? sekalian lagi cari gitar juga..

    BalasHapus
  15. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  16. Gan, untuk cetakan.a gitar.a gitu gmna bentuk.a

    BalasHapus
  17. JUAL OBAT ABORSI BATAM CYTOTEC MISOPROSTOL 100% ASLI SELENGKAPNYA KLIK DIBAWAH INI :
    DIBANTU SAMPAI SUKSES YANG PASTINYA BERGARANSI

    jual obat aborsi
    obat aborsi batam

    Contact Us :
    + WHATSAPP : 085325631367 (hanya menerima whatsapp)
    +Facebook : Eka Fitriyana
    +Website : tuntasdanaman.com

    BalasHapus
  18. Pesan Gitar Langsung dari pengrajin, Kunjungi Situs Resminya

    Klik >> Pesan GITAR dari Pengrajin SOLO

    BalasHapus
  19. Pesan Gitar Langsung dari pengrajin, Kunjungi Situs Resminya

    Klik >> Pesan GITAR dari Pengrajin SOLO

    BalasHapus